Cari Blog Ini

Sabtu, 26 Januari 2013

Chain Promotion

Ada banyak cara untuk melakukan marketing. Ada cara yang perlu mengeluarkan uang dalam jumlah besar, ada juga yang hanya mengeluarkan sejumlah uang dan berdampak cukup besar. Salah satu yang sedang berkembang adalah Social Media Marketing. Social Media marketing merupakan suatu bentuk marketing yang dilakukan dengan menggunakan social media. Ada beberapa tujuan dari social media advertising yang saya peroleh dari kuliah saya (Yang belum ambil kulia ini, coba ambil : Intelijen Pasar / Marketing Intelligence). Tiga tujuan utama yang dikemukakan sebuah jurnal adalah: brand awareness, brand recognition, dan word of mouth. Brand awareness berarti tujuan dari penggunaan social media untuk marketing kita adalah untuk meningkatkan kesadaran akan keberadaan produk kita. Brand recognition lebih jauh lagi, kita berusaha untuk membuat sebuah "engagement" dengan customer. Dan terakhir, yang paling ampuh adalah Word of Mouth. Ingatlah, seberapa sering Anda merekomendasikan sebuah produk ke teman/kerabat Anda? Mana yang lebih anda percayai: rekomendasi dari sebuah iklan atau rekomendasi dari seorang teman? Ketika mereka merekomendasikan produk, mereka sebenarnya menempatkan image mereka pada suatu area yang berbahaya; kalo rekomendasi mereka dianggap jelek? Bagaimana persepsi yang terbentuk terhadap mereka? Bagi yang sering jalan dengan saya, pasti akan tahu beberapa restoran / tempat makan yang sangat sering saya rekomendasikan: Nasi Goreng Total, Nasi Kuning Pontianak, Cafemalia, dsb. Apa yang terjadi jika direkomendasikan berulang2? Image saya malah menjadi negatif :) Ok. itu bukan inti dari yang ingin saya bahas. Mari kita ambil sebuah contoh Social Media Marketing terbaru. Team Acer Xmas Special Pernah dengar? Saya juga baru mengetahuinya hari ini. Team Acer Xmas Special merupakan event yang diadakan Acer untuk menarik jumlah orang-orang yang melakukan like and share terhadap situsnya. Ada berbagai macam hadiah yang ditawarkan, dan yang pasti, hadiahnya bukan sekadar piring/gelas cantik, tapi processor cantik, keyboard cantik (Roccat!!!!!), PC super cantik, dsb. Mengapa mereka repot-repot melakukan hal ini dan mengeluarkan banyak uang untuk hal ini? <--!more--> Well, mari kita telaah apa yang diminta dari event tersebut. 1. Klik link http://www.aceresport.com/500/ref2n009p1r. 2. Klik "JOIN IN" 3. Klik "Go to Apps" atau "Ke Aplikasi" 4. Klik "Like" 5. Klik "JOIN IN !" lagi 6. Finish So simple. Wanna try it? silahkan klik link ini http://www.aceresport.com/500/ref2n009p1r Ok. terlihat simple, tapi apa sebenarnya tujuannya? Ketika Anda mengklik go to apps, Anda akan diwajibkan melakukan like. Anda dapat melihat jumlah like di dalamnya, tercantum 218.000. Untuk apa melakukan like nya? 1. Database. Ketika terdapat update berita / produk tertentu, tim Acer dapat dengan mudah menyampaikan informasinya ke dalam database tersebut. 2. Brand Awareness. Ini yang penting. Semakin sering orang melakukan like terhadap Acer, nama Acer akan semakin sering muncul di home dan orang semakin sering melihat nama Acer di layar komputer (dalam bentuk news feed). Apa persepsi orang terhadap hal tersebut? "wah, banyak yang ngelike Acer. Mungkin saja produknya bagus". 3. Chain promotion. inilah kesaktian dari event tersebut. Anda berlomba untuk menambah jumlah like Anda agar dapat memperoleh hadiah tersebut. Satu orang mengajak beberapa puluh, ratus, hingga ribu orang. Dari beberapa puluh itu, mereka mengajak lagi beberapa puluh, ratus, hingga ribu orang. Selama 1 bulan penuh, Acer dapat mengantongi berapa jumlah like? well, karena baru hari ini saya melihat event tersebut, data yang digunakan untuk perbandingan adalah jumlah like hari ini (218.000). event ditutup 24 Desember. Mari kita lihat seberapa signifikan event tersebut dalam dua hari terakhir. :) That's the power of social media advertising. Acer telah mempraktekkannya. Mungkin Anda tidak akan melihat efeknya dalam jangka pendek. Tapi dalam jangka panjang, dapat diamati melalui pertumbuhan salesnya. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar