Cari Blog Ini

Selasa, 22 Juni 2010

Day and Night

Sebelum film Toy Story dimulai, Anda akan mendapati sebuah film pendek berjudul "Day and Night". Mungkin mulai dari sekarang Pixar akan selalu menyelipkan film pendek seperti ini (sebelumnya telah dilakukan di film "Up") karena memberikan pesan moral yang sangat dalam.

Dalam kisah itu, day dan night selalu bermusuhan. Day menyombongkan diri dengan menampilkan keceriaan orang-orang di waktu pagi dan siang hari, sedangkan night ingin memilikinya, namun tidak bisa karena ia adalah night, saat di mana setiap orang mulai berhenti beraktivitas dan tidur.

Day and night terus bermusuhan hingga suatu saat, night menemukan bahwa di dalam dirinya juga terdapat keceriaan manusia dalam bentuk kembang api, kasino, dsb. Mereka pun berbaikan dan saling berdansa menghiasi dunia ini.

Setiap orang diciptakan berbeda. Ada yang tinggi, ada yang pendek, ada yang cantik, ada yang tampan, dsb. Tidak ada satu orang pun di dunia ini yang sama persis. Namun, hampir semua manusia tidak puas dengan diri mereka masing-masing. Mereka cenderung membanding-bandingkan diri mereka dengan orang lain, menginginkan sesuatu yang dimiliki orang lain.

Ada orang yang diciptakan memiliki keberuntungan yang besar dan hidup yang lebih layak. Saya pun terkadang iri dengan orang-orang tersebut. Mereka dapat memperoleh apa yang mereka inginkan dengan mudah, sedangkan saya tetap tidak mampu memperolehnya dengan kerja keras seperti apa pun. Mungkin semua orang juga pernah merasakan rasa iri terhadap orang lain, seperti night yang iri terhadap day.

Seperti night, kita juga memiliki kelebihan yang tidak dimiliki orang lain. Kita memang tidak mungkin memiliki kelebihan orang lain itu, tapi setidaknya, kita memiliki sesuatu yang dapat kita banggakan dalam diri kita. Dengan memperjuangkannya, mungkin kita akan jauh lebih bahagia kelak.

Daripada saling iri akan kelebihan orang lain, mengapa tidak kita satukan kelebihan-kelebihan kita? Bukankah hidup ini akan lebih indah jika terdapat perbedaan? Perbedaan-perbedaan di dunia ini memberi warna tersendiri dalam hidup. Suatu saat, perbedaan-perbedaan itu akan membawa kita bersama ke tempat yang lebih membahagiakan.

Sebuah kalimat dari Youichi Hiruma, tokoh dalam Eyeshield 21, "Aku tidak memiliki waktu untuk menangisi apa yang tidak kumiliki".

Selamat pagi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar