Cari Blog Ini

Senin, 14 Juni 2010

Code Blue Season 2 Ep 9 - Bagaimana menyembuhkan luka hati?

Peralatan medis semakin lama semakin canggih. Semakin banyak penyakit fisik yang dapat disembuhkan. Namun, apakah ada cara untuk menyembuhkan sakit hati? Apa yang harus kita lakukan terhadap sakit hati?

Episode 9 Code Blue season 2 bercerita tentang beberapa kasus, yang pertama, seorang atlit ski yang harus mengakhiri karirnya akibat cedera yang tidak mungkin sembuh lagi. Kasus kedua, seorang ibu yg mengalami tumor di otaknya dan menjadi lumpuh di beberapa bagian tubuhnya.

Kasus pertama, seorang atlit ski yang harus pensiun dini. Ia mengalami penyakit spinal canal stenosis (http://www.spine.com.au/spinal_canal_stenosis.htm)
Ia mulai berlatih ski di usia 3 tahun dan menjadi atlit pro. "Apa lagi yang bisa saya perbuat selain ski?". Sangat berat ketika seorang atlet harus mengakhiri karirnya, sama halny dengan profesional-profesional lainnya bila ia dipaksa keluar dari keahliannya. Bagaimana perasaan si atlet ski? Bagaimana rasa sakit hati yang ia alami karena harus mengakhiri hal yang sangat dicintainya?

Kasus kedua, seorang ibu yang mengalami tumor otak dan harus melalui operasi yang memiliki banyak risiko pascaoperasi. Ia pun berhasil dioperasi, namun harus mengalami kelumpuhan pada tangan dan kaki kanannya. Ia harus menjalani rehabilitasi, padahal ia sudah berjanji untuk tinggal bersama anaknya setelah sekian lama berpisah akibat harus bekerja di tempat lain. Anaknya yang baru berusia 9 tahun telah sampai di rumah sakit dan si Ibu harus mengatakan hal tersebut kepada anaknya. Bagaimana rasa sakit hati dari ibu tersebut? Bagaimana perasaannya ketika harus mengatakan hal tersebut kepada anaknya?

Dalam hidup kita pasti akan ada saatnya kita merasa sakit hati. Penulis pun tidak terlepas dari hal ini. Namun, apakah kita harus mencari obat untuk sakit hati? Apakah kita bisa menyembuhkan sakit hati kita? Mengapa kita harus sakit hati?

Tidak ada seorang pun yang ingin sakit hati, namun hal tersebut tidak dapat dihindari. Sakit hati itu begitu menyakitkan. Saya bisa berkata demikian karena saya telah merasakannya, tapi saya tidak pernah punya obat untuk menyembuhkannya. Tidak juga para dokter.

Jadi kita harus bagaimana?

Tidak ada yang bisa saya sarankan untuk menyembuhkan sakit hati, namun, saya akan membagi keberuntungan saya yang telah menonton film tersebut kepada Anda.

"There is no way to heal emotional scars. Just think it easy. Wounds of the heart are undoubtedly necessary. That's because by bearing wounds in our hearts, we can become aware of the other people's pain."

"Tidak ada cara untuk menyembuhkan luka hati. Cobalah berpikir sederhana. Luka hati tidak diragukan lagi, penting. Itu karena dengan menanggung luka di hati kita, kita bisa menjadi sadar dengan sakit orang lain."

Code Blue Season 2 Episode 9

Tidak ada komentar:

Posting Komentar