Cari Blog Ini

Rabu, 27 Februari 2013

Study from February

Februari tinggal menyisakan satu hari lagi. IHSG berhasil mencapai all time high lagi hari ini. Namun, portofolio penulis tidak berkembang seperti yang diharapkan. Apa saja kegagalan yang dilakukan penulis selama bulan Februari ?

Portofolio penulis lebih ditolong oleh kenaikan AISA yang cukup baik sepanjang Februari ini serta SSIA di hari-hari terakhir perdagangan bulan Februari. Selebihnya, TAXI melempem sehingga penulis memutuskan mengurangi posisi di saham ini. PTRO mengenai stop loss, serta GJTL yang penulis tinggalkan untuk sementara waktu karena dana yang ada hendak digunakan untuk latihan trading.

Sementara itu, ada beberapa kegagalan dalam memilih saham sepanjang bulan Februari :

1. RALS
Penulis masuk di 1120 berbarengan dengan rebound RALS dari titik 1090 ke 1200 (Volume sangat tinggi). Ternyata, selama beberapa waktu, RALS malah kembali turun hingga hampir mencapai 1120. Namun, penulis tetap melakukan hold hingga akhirnya pada saat ke 1170, penulis memutuskan untuk menjual semuanya. Ini merupakan kesalahan fatal karena melanggar analisis volume yang penulis lakukan dan target penulis yang seharusnya masih dapat tercapai, akhirnya akibat fear dari penulis dan kebutuhan dana untuk suatu hal, penulis menjual RALS. Tercatat, hingga hari ini, RALS tutup di 1330.

2. CTRA dan ASGR
Jika Anda adalah pengunjung setia blog ini, Anda akan melihat penulis melakukan posting analisis teknikal dari CTRA dan ASGR. Pada akhirnya, penulis tidak memilih salah satu saham dari kedua saham ini. Penulis masuk ke ACES karena menyentuh support trend line dengan harapan rebound ke 780 hingga 800. Namun, ternyata ACES bergerak jauh lebih lama dari perkiraan dan akhirnya penulis keluar dari ACES. Sementara CTRA dan ASGR melanjutkan uptrendnya dengan kuat.

3. ITTG
Ya, salah satu saham yang penulis post lagi di blog ini. Penulis masuk di 104, namun karena memasang stop loss terlalu dekat (102), lagi-lagi kesalahan penentuan stop loss akibat fear of loss. Seharusnya penulis memsang stop loss di 92 sesuai analisis di blog. Tercatat, hingga hari ini, ITTG close di 115. lumayan ya... 10% dalam bbrapa hari.....

Kira-kira itulah kesalahan-kesalahan trading penulis selama bulan Februari. Semoga dapat menjadi pembelajaran bersama : trust yourself, trust your analysis, obey your trading plan.....


Tidak ada komentar:

Posting Komentar