Cari Blog Ini

Minggu, 03 Februari 2013

PT Steel Pipe Industry of Indonesia (SPINDO)


Merupakan perusahaan manufaktur pembuat pipa/tube baja berbagai jenis. Berdiri pada tahun 1971 dengan kantor pusatnya di Kalibutuh 189-191 Surabaya dan kantor cabang di Pangeran Jayakarta 55, Jakarta. Memiliki pegawai sekitar 1000 orang dan memiliki lima pabrik yang dapat dilihat pada tabel di bawah ini.

     Figure 1 Sumber : http://www.spindo.com/about.php?aID=1


Rencana Penggunaan Dana IPO :
54.79% Untuk membangun pabrik dan pembelian mesin baru
12.06% Untuk pelunasan utang ke Indonesia EximBank
45.00% Untuk peningkatan modal kerja

Produk yang dihasilkan:
·         Electric Resistance Welded (ERW)
·         Spiral Submerged Arc Welded (SAW)
·         Tungsten Inert Gas Welded (TIG)


Kualitas produk-produk Spindo diuji melalui sistem evaluasi yang ketat dan telah memenuhi standar ISO 9002 dan API 5L serta standar-standar lainnya.

Beberapa standar kualitas yang telah diperoleh Spindo:
· ISO 9001 : 2008 à quality management, selengkapnya di sini : http://www.iso.org/iso/catalogue_detail?csnumber=46486
·         ISO / TS 16949 : 2009 à quality management juga, tetapi lebih ke penekanan pencegahan defect dan pengurangan variasi dan waste dalam rantai suplai (supply chain)
·         API 5L – 0313 (SPIRAL)
·         API 5L – 0475 (ERW)
·         SNI

Negara-negara tujuan ekspor:
·         Jepang
·         Singapura
·         Taiwan
·         USA
·         Australia

Raw Material : 75% diimpor dari Jepang dan negara-negara lainnya dengan kualitas yang lebih tinggi dan harga yang lebih rendah dibandingkan supplier domestik.

Supplier domestik dari Spindo : Krakatau Steel, Jimdal Stainless (JSL), Gunung Raja Paksi
Supplier internasional : Posco, Hyundai, JFE, dan Accelor Mittal

Dari komposisi sumber bahan baku yang lebih banyak diperoleh dari impor, maka saya simpulkan fluktuasi kurs akan berpengaruh pada harga bahan baku.

Kapasitas Produksi

Dari data di atas, Spindo memiliki kapasitas produksi terbesar di Indonesia.

Kelebihan Spindo
·         Produsen pipa baja terbesar di Indonesia
·         Memiliki produk-produk dengan kualitas yang telah memenuhi standar nasional dan internasional
·         Menggunakan software SAP (Untuk keperluan Enterprise Resource Planning a.k.a ERP, untuk penjelasan mengenai ERP, akan saya berikan di artikel lain)
·         Metode produksi Just In Time, salah satu metode produksi yang cukup terkenal dan banyak digunakan untuk efisiensi lini produksi bahkan hingga efisiensi dari rantai produksi itu sendiri (dari bahan baku dikirimkan hingga digunakan untuk produksi).
·         Memiliki variasi produk yang tinggi sehingga mencakup lebih banyak konsumen

Kelemahan Spindo akan saya paparkan setelah melakukan penilaian terhadap laporan keuangan Spindo.

Analisis Laporan Keuangan


Fluktuasi pendapatan cukup tinggi sehingga tidak mudah memprediksikan pertumbuhan laba untuk jangka waktu yang panjang (di atas 1 tahun).

Terlihat hingga akhir Q3 2012, penjualan Spindo sudah mencapai 2,237 sehingga ditargetkan akhir 2012 penjualan Spindo dapat lebih tinggi dibandingkan tahun 2011. 

     Figure 2 Sumber : Valbury Research

Yang mengkhawatirkan adalah net profit margin perusahaan yang rendah sehingga sangat berpotensi menimbulkan kerugian jika penjualan menurun. Tercatat hingga Q3 2012, net profit margin perusahaan baru mencapai 3.53%, diharapkan dengan adanya peningkatan penjualan pada Q4 2012, beban operasional dapat lebih ditutupi sehingga target saya pribadi, minimal net profit margin perusahaan lebih dari 4.29% (NPM tahun 2011).

Utang perusahaan memang cukup tinggi hingga mencapai 2.37x pada Q3 2012, tapi dengan melihat track record perusahaan yang sudah cukup lama beroperasi di Indonesia, DER sebesar ini masih cukup aman (pengaruh yang belum signifikan), kecuali jika DER terus membesar dari tahun ke tahun, maka harus dicermati ulang kekuatan finansial perusahaan.

Secara keseluruhan, saya menilai kelemahan utama Spindo adalah pada net profit margin yang kecil sehingga penjualan secara besar-besaran sangat diperlukan agar dapat memberikan profit kepada perusahaan. Untuk ke depannya, profit margin harus menjadi fokus utama pembenahan. Kelemahan pada profit margin ini saya beri bobot yang besar karena akan mempengaruhi strategi perusahaan ke depannya (menyangkut belanja modal dan sumber pendanaan).

Kelemahan lain:
·         Price competitive market, perusahaan berada pada pasar di mana harga jual sulit dinaikkan karena persaingan yang ketat antar kompetitor.
·         Fluktuasi harga bahan baku dan kurs memiliki pengaruh besar terhadap biaya produksi perusahaan

Perhitungan Target Harga

Jumlah saham sebelum IPO : 4,285,992,035

Jumlah saham pasca IPO : 7,185,992,035

Range harga penawaran : 260 – 390

Sales Q3 2012 : 2577.42 miliar

Estimated Q4 2012 : berdasarkan dua sumber yang saya peroleh, rata-rata estimasi pendapatan pada Q4 adalah sekitar 3090, jadi saya akan gunakan 3090 sebagai revenue estimasi tahun 2012.

Sales 2012 estimated : 3090 miliar

Net profit margin estimated : 4.5%

Net profit estimated 2012 : 139.05 miliar

EPS estimated : net profit / shares sebelum ipo = 139.05 miliar / 4.285 miliar = 32.44

EPS estmiated 2 : net profit / shares setelah ipo = 139.05 miliar / 7.185 miliar = 19.35

P/E di harga 260 : 260 / 32.44 = 8.01x (1)
P/E di harga 390 : 390 / 32.44 = 12.02x (2)

P/E di harga 260 : 260 / 19.35 = 13.43x (1)
P/E di harga 390 : 390 / 32.44 = 20.15x (2)


Target sales 2013 : 3090 x 20% = 3708 miliar

Net profit margin forcasted : 4.5%

Net profit forcasted 2013 : 166.86 miliar

EPS forecasted : 166.86 miliar / 7.185 miliar = 23.22

P/E di harga 260 : 260 / 23.22 = 11.2x
P/E di harga 390 : 390 / 23.22 = 16.8x

Overall, jika harganya under 390, saham ini masih pada P/E yg cukup rendah bila dibandingkan dengan saham-saham sejenis (meskipun tidak tepat sejenis karena beda produk), yaitu KRAS dan BAJA. Tapi jika dilepas di harga 390, maka dengan menggunakan target 2013, saham ini sudah cukup tinggi P/Enya.

Meskipun memiliki track record yang sudah panjang, saya tetap berpendapat net profit margin yang dihasilkan terlalu rendah serta fluktuasi sales yang cukup tinggi selama 2007 hingga 2012. Jadi, saya tidak berminat untuk membelinya di saat IPO nanti.

Untuk trading short term, banyak riset bermunculan dan memang hasilnya P/E tidak terlalu tinggi berdasarkan forecast masing-masing analis sehingga saya rasa di awal IPO, saham ini masih akan diburu. Selengkapnya silahkan bertanya pada yang lebih berkompeten, terutama yang sering menganalisis saham-saham IPO.

Disclaimer on.

Al

B-Trade Research Team














5 komentar:

  1. thanks banget hu, btw kalo di compar sama BAJA, gimana hu?

    BalasHapus
  2. Baja per ny ud tinggi. Belum baca scara kseluruhan sih....manajemen mirip2 karna mreka masih sodara. Direksi di spindo ad yg di baja juga.

    Baja lebih ke produksi pelat,agak beda bisnisny.
    Dari per tinggian baja.

    BalasHapus
  3. PT.ULTRA SAMUDERA ASIA

    GENERAL TRADE SUPPLIER & EXPORT IMPORT

    Kepada Yth : Ibu & Bapak



    Kami dari PT. ULTRA SAMUDERA ASIA, memperkenalkan diri sebagai Perusahaan International Freight Forwarders & Importir Umum yang berdomisili di Jakarta dan kami siap membantu segala kebutuhan yang berhubungan dengan proses Kepabeanan, Customs Clearance Import , Undername Import - Export, Redress Consignee , Domestic maupun Transportasi barang ke seluruh wilayah Indonesia dan Internasional. Sebagai dasar pendukung untuk memenuhi segala kebutuhan pelanggan, maka kami telah memiliki serta melengkapi beberapa izin yang diperlukan antara lain :



    Project kerjasama unggulan kami sebagai berikut :

    · General Customs Clearancea

    · All-in Customs Clearance

    · Including : Pajak Import, Biaya D.O, Sewa Gudang & other charges

    · Importasi dengan system Door to door Regional Asia, Eropa dan Amerika

    · Air& Sea Freight (LCL & FCL)

    · Bonded Warehousing

    · Door to door service

    · Under Name

    · Import Sea Freight & AirFreight Service

    · Export Sea Freight & AirFreight Service

    · Import Consulidation

    · Custom Clearance Import ( ALLIn )

    · Second of Machine Import



    Perusahaan kami salah satu perusahaan yang melayani dan memiliki beberapa kouta import seperti :

    · PI Besi atau Baja,Baja Paduan,dan Produk Turunannya

    · PI Kehutanan

    · Mesin Bekas / Barang bekas

    · Garment

    · Textile



    Operasional Perusahaan Kami Meliputi :

    · Pelabuhan Tanjung Priok & Soekarno Hatta II Air Port ( Jakarta )

    · Pelabuhan Tanjung Perak ( Surabaya )

    · Pelabuhan Tanjung Emas ( Semarang )

    · Pelabuhan Batu Ampar ( Batam )

    · Pelabuhan Belawan ( Medan )



    Demikianlah perkenalan dari kami, besar harapan kami menjadi mitra atau rekanan baru di perusahaan bapak / ibu. Atas kesempatan, kepercayaan dan kerjasama yang baik kami ucapkan terimakasih.



    Thanks & Best Regards,

    PT. ULTRA SAMUDERA ASIA





    Arif Budiman

    Marketing Exim



    GD.Pembina Graha blok 2 LT.2 Ruang 226

    JL.D.I Penjaitan No. 45 , Jakarta Timur 13350

    Tel : +621 8591 7733

    Fax : +621 2101 1432

    Mobile : +62823 6850 3907 (Wa)
    E-mail : arif.budimanusa@gmail.com

    BalasHapus
  4. SUN Logistics International

    Air Freight & Sea Freight Forwarders

    Export - Import Door to Door Service.

    CUSTTOME CLEARANCE

    Contact Us : Mr.willy

    Mobile/WA : 0822 9433 6005

    Telepon : (021) 2961 3560




    Dear, Bapak / Ibu.

    Perkenankan Kami dari PT. SUN LOGISTICS INTERNATIONAL yang bergerak dibidang Freight Forwarders, Air & Sea Cargo Export - Import door to door service.

    Terlampir Lampiran PRICE LIST IMPORT DOOR TO DOOR Service.



    Sewa Undername Import, Jasa Customs Clearance Barang Import bermaksud ingin menawarkan kerjasama dalam hal proses pengiriman barang import dengan menggunakan undername perusahaan kami serta proses kepabeanan barang import baik yang masuk melalui Port atau pun Bandara.


    CUSTOMS CLEARANCE

    Kami siap membantu serta bekerjasama dengan pihak manapun dalam hal
    atau bidang,spesialis Customs Clearance,Import Borongan (All In)
    Resmi,Under Name,Door To Door, Domestik Dan Keagenan Lainnya

    Project kerjasama unggulan kami sebagai berikut :

    · General Customs Clearance

    · All-in Customs Clearance

    Including : Pajak Import, Biaya D.O, Sewa Gudang & other charges.

    Importasi dengan system Door to door Regional Asia, Eropa dan Amerika.



    · Air& Sea Freight (LCL & FCL)

    · Bonded Warehousing

    · Door to door service

    · Under Name

    · Import Sea Freight & AirFreight Service

    · Export Sea Freight & AirFreight Service

    · Import Consulidation

    · Custom Clearance Import ( ALLIn )

    · Second of Machine Import


    Perusahaan kami salah satu perusahaan yang melayani dan memiliki
    beberapa kouta import seperti :

    · PI Besi atau Baja,Baja Paduan,dan Produk Turunannya

    · Mesin Bekas / Barang bekas

    · Garment

    · Textile



    Operasional Perusahaan Kami Meliputi :

    · Pelabuhan Tanjung Priok & Soekarno Hatta II Air Port ( Jakarta )

    · Pelabuhan Tanjung Perak ( Surabaya )

    · Pelabuhan Tanjung Emas ( Semarang )

    · Pelabuhan Batu Ampar ( Batam )

    · Pelabuhan Belawan ( Medan )

    Note :

    - Perusahaan kami juga bisa mengeluarkan Mesin Bekas dan Cairan cukup dengan syarat yang diperlukan untuk data barang hanya MSDS, Midical ,Invoice dan Packing List.

    - Perusahaan kami dapat mengeluarkan barang tersebut diatas dari Pickup barang sampai Door ke tempat (Free for Jakarta Area).

    - Pihak Customer bertanggung jawab sepenuhnya terhadap kebenaran barang sesuai Invoice, Packing list.

    - Perhitungan di atas berdasarkan mana yang lebih Besar : berat/Kg Atau Volume / M3.

    - Perhitungan Volume :

    Udara P X L X T : 6.000

    Laut P X L X T : 1.000.000

    - Kehilangan barang yang terbungkus rapi ( Original Packing ) akan kami ganti sesuai INVOICE asli yang kami terima pertama

    # Pembayaran bisa dilakukan secara COD (Cash On Delivery). #

    Demikianlah Penawaran ini Kami ajukan atas Perhatian dan Kerjasamanya Kami ucapkan Terima Kasih.



    Best Regards.



    Mr. willy

    Mobile / Whatsapp : 0822 9433 6005

    Telepon : (021) 2961 3560

    SUN LOGISTICS INT'L.
    JL. Raya Ciping Muara No. 19 Jakarta Timur 13420 - Indonesia.

    Telepon : (+62 21) 860 3191
    FAX : (+62 21) 860 3196
    Email : willy.sunlogistics@gmail.com / willy_sunlogistics01@yahoo.com

    BalasHapus
  5. Selamat malam
    Kalau untuk mengetahui apakah para dewan direksi dan komisaris masih keluarga dari the tjahjono tedjokoesoemo (pendiri Spindo) dr mn y? Sy sdg skripsi ttg perusahaan kluarga dan bth profil lengkap dari semua dewan direksi dan komisaris dan hubungan kekeluargaannya

    Mohon bantuannya
    Terima kasih

    BalasHapus