Cari Blog Ini

Rabu, 01 Mei 2013

Refleksi Porto April

Tidak terasa tahun 2013 sudah memasukin bulan kelima. Saya masih ingat membicarakan mengenai resolusi 2013 dengan teman dan tanpa terasa, sudah empat bulan tahun 2013 ini berjalan. Salah satu resolusi saya adalah porto dapat tumbuh lebih dari 30%.

Hingga saat ini, porto masih belum menunjukkan pertumbuhan yang signifikan. Masih kalah dibandingkan dengan performa IHSG sejak Januari. hehe. Malah, di bulan April, porto turun 1,83%. SSIA dan AISA mandek.

Di bulan April, ada beberapa hal yang saya lakukan:

1. Sell TAXI, sudah sangat tinggi dan sudah melebihi target valuasi optimis saya.

2. Masuk ke MAIN (sebenarnya sempat bingung memilih antara MAIN atau ERAA, target harga sama-sama 3500 versi saya pribadi, akhirnya memilih yang harganya lebih bersahabat, yaitu MAIN) di harga 2750. Karena ada tambahan dana, akhirnya saya melirik saham-saham berfundamental ok yang sedang koreksi tajam. ERAA sempat terkoreksi hingga 2800an akibat berita masuknya Synnex ke pasar smartphone dan tablet. MAIN terkoreksi juga karena isu flu burung dan harga bahan baku pakan ternak yang naik.

3. Masuk ke MTDL (silahkan dibaca ulasan saya mengenai MTDL). Dan ternyata, hari ini saya mengetahui bahwa laba MTDL naik jauh melebihi ekspektasi saya (70% vs 15% ekspektasi). Berarti target saya di 400 masih berpeluang untuk tercapai.

Selebihnya, porto masih tetap dihuni duo SSIA dan AISA.

Beberapa renungan yang sempat terbesit di pikiran saya:
1. Mengapa dulu saya menjual GJTL dan switch ke AISA? Saat itu, saya melakukan posisi buy GJTL di 2275. Namun, GJTL terus melorot dan prediksi saya, GJTL akan memakan waktu cukup lama untuk mencapai target awal saya di sekitar 2800. Itu sebabnya saya out dan ternyata bukanlah keputusan yang tepat karena GJTL sudah mencapai sekitar 2900-3000 saat ini.

2. Melepas WINS di awal-awal april karena bukan analisis saya pribadi sehingga kurang yakin, apalagi di bidang yang saya kurang pahami (perkapalan). Ya, bukan rezeki saya berarti.

Anyway, saya masih cukup optimis dapat mencapai pertumbuhan porto 30%. Semoga slogan "Sell in May" tidak menyebabkan porto saya semakin menurun. hehe.

Selamat sore.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar