Cari Blog Ini

Selasa, 07 Februari 2012

1 slide and two hours

Sebuah slide yang penjelasannya dua jam kuliah. Bagaimana menurut Anda? Apakah Anda membayangkan suatu ruang kuliah dengan suasana sangat bosan selama 2 jam? Ataukah Anda membayangkan kemeriahan penghuni kelas dalam mendengarkan penjelasan dosen?



Suatu pengalaman baru bagi saya. Sebuah slide yang dijelaskan selama 2 jam.... Apakah penjelasan itu membosankan? Saya akan dengan tegas mengatakan TIDAK! Mungkin inilah kuliah yang paling saya nantikan... Sebuah kuliah yang tidak melulu isinya penjelasan per slide, rumus-rumus, ataupun sebuah perkuliahan yang menuntut konsentrasi tinggi dan cenderung membuat kantuk muncul.

Jadi apa yang dijelaskan sang dosen selama 2 jam? Manajemen... ya... Manajemen... dengan berbagai contoh perusahaan, berbagai tipe leader, berbagai diskusi bersama mahasiswa, diselingi dengan humor-humor yang begitu mengena, sang dosen menjelaskan manajemen dengan begitu hebatnya... Dimulai dari efektivitas, efisiensi, leader, hingga manajemen. Disertai dengan contoh-contoh perusahaan, penjelasan mengenai perusahaan tersebut (tentu perusahaan yang manajemennya buruk).... Pada intinya... sang dosen menghadirkan konsep baru dalam mengajar. Interactive lecture!!!!

Banyak pelajaran dan ilmu baru yang saya petik. Mungkin tidak ada hubungannya dengan perkuliahan ini, tapi pelajaran yang saya peroleh membangkitkan keinginan saya untuk mengenali suatu perusahaan lebih dalam... Fundamental analysis...

Pelajaran lain yang saya peroleh adalah, ada banyak cara penyampaian yang menarik. Dosen kreatif yang dapat memikirkan konsep seperti inilah yang merupakan dosen sejati... Mahasiswa butuh dosen yang dapat menyampaikan dengan baik dan dosen yang mampu mengambil penuh perhatian mahasiswanya selama 2 jam....

Suatu pelajaran lain yang sangat penting: nikmatilah setiap hal yang Anda pelajari.. Jangan suka mengeluh dengan tugas-tugas yang diberikan dosen maupun kepadatan jadwal kuliah. Selalu ada cara kita untuk menghayati dan menikmati perkuliahan dari dosen.

Enjoy what you learn.... Learn what you enjoy....

Hingga langkah terakhir saya meninggalkan ruang kelas, dosen itu masih dicecar berbagai pertanyaan secara pribadi oleh murid-murid yang antusias. Sebuah prestasi bagi dosen... sebuah kepuasan bagi mahasiswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar